Tips Belajar Efektif

Abang Fay - Belajar sudah menjadi kebutuhan bagi setiap pelajar. Karena belajar itu katanya menentukan masa depan. Jika kita tidak belajar, di sekolah/kampus kita tidak mbisa mendapatkan nilai yang baik. Jika kita tidak bisa mendapatkan nilai yang baik, jika masih sekolah, kita mungkin akan menduduki peringkat kelas yang terakhir atau lebih parahnya lagi kita bisa tinggal kelas. Tentu tidak ada yang menginginkan hal itu terjadi karena mungkin bagi sebagian orang ini berkaitan dengan harga diri. Abang juga ga akan mau kok dapat nilai yang jelek. Soalnya malu sama orang tua yang udah susah-susah membiayai hidup.


Belajar, selain diperlukan di dunia pendidikan, kelak juga akan menentukan masa depan kita, terutama dalam hal mencari pekerjan. Jika kita tidak dapat meraih nilai yang baik maka kemungkinan di masa depan kita akan sulit untuk mendapatkan pekerjaan. Karena saat ini, selain melihat skill dari sang pelamar kerja, perusahaan juga melihat Transkrip nilai dari pelamar kerja. Hal ini tentu bertujuan untuk menyeleksi orang yang benar-benar kompeten di bidangnya untuk menempati posisi tersebut. Jika kita tidak belajar, maka dikhawatirkan pengangguran akan membanjii Indonesia.

Belajar sendiri bukan hanya persoalan akadmik. Apapun yang kita lakukan tentu dipelajari dahulu. Kita melihat orang bisa apa, orang punya skill yang hebat, orang-orang tersebut tentu mengawalinya dengan belajar terlebih dahulu. Tidak mungkin sesuau langsung bisa dilakukan tanpa belajar. Bedanya, belajar ini tidak hanya membaca teori, namun langsung ke prakteknya.


Nah, kali ini abang ingin bagi-bagi tips lagi nih tentang cara belajar yang efektif menurut pengalaman sendiri dan pengamatan beberapa sumber. 

1. Berdoa
Ya, selalu dalam tips yang abang berikan, berdoa abang tuliskan. Seperti contohnya dalam artikel Cara bangun pagi shubuh ini, serta artikel tentang Tips mengendarai sepeda motor. Berdoa penting terutama dalam belajar. Sebab ilmu yang akan kita pelajari adalah milik Allah SWT. Maka, jika kita ingin ilmu itu, maka mintalah. Seperti jika kita inginkan sesuatu yang orang lain miliki, maka mintalah pada pemiliknya. Jika pemiliknya ridho, pasti akan dikasih. Allah pun seperti itu. Mintalah ilmu itu pada allah, jika Allah meridhai ilmunya, InsyaAllah ilmu itu akan mudah diserap dan diingat.

2. Nyaman
Buatlah kondisi sekitar tempat belajar kawan senyaman mungkin agar kawan tidak merasa risih dalam belajar. Nyaman di sini bukan berarti kasur dan bantal sehingga tempat belajar kawan nyaman untuk tidur loh ya. Nyaman bisa berarti tempat belajar kawan rapi dan bersih. Sehinga mood untuk belajar akan terbentuk karena tidak melihat sampah di sekeliling tempat belajar.

3. Fokus
Fokuslah pada apa yang akan kawan pelajari. Siapkan buku-buku yang menunjang ilmu yang akan dipelajari agar tidak repot lagi ketika tiba-tiba membutuhkannya. Fokus adalah jika kawan belajar matematika, tujukanlah pada matematika. Hati dan pikiran juga matematika. Jangan sampai ketika belajar matematika kawan malah sedang memikirkan rumus-rumus fisika.

4. Mendengarkan audio
Biasanya ada sebagian orang yang lebih nyaman belajar jika ditemani musik. Sah-sah saja kalau memang itu bisa membuat pikiran lebih tenang dan nyaman ketika sedang belajar. Tapi abang sarankan, jangan menyalakan musik yang bisa bikin kawan BaPer yaa.. Nanti malah waktu belajar matematika bukannya menghitung pengurangan, tapi menghitung kenangan.. Huuhehey.. 
Lebih varokah lagi kalau yang didenger itu bacaan-bacaan Al-Quran. Subhanallah sekalii...

5. Cari tipe belajar yang tepat
Kawan sudah pernah mendengar bukan tentang tipe belajar? Ada yang Visual, auditori, dan kinestetk. Visual berarti lebih banyak dan nyaman jika menggunakan penglihatan seperti membaca dan melihat gambar-gambar. Auditori lebih nyaman jika belajarnya itu mendengarkan, seperti mendengarkan orang yang mendengarkan isi buku yang dibacakan. Atau kinestetik yang lebih nyaman dengan gerakan. Ya slahkan pilih senyamannya kawan... :D

6. Fokus pada yang sulit
Seperti yang pernah abang tuliskan di artikel Tips sebelum ujian. Jika kita menemukan materi yang kita anggap sukar, cobalah diulang-ulang terus. Cari contoh soal dan pembahasannya di internet atau buku hingga kita paham.

7. Cari contoh soal dan pembahasan
Ini juga bisa membatu teman-teman dalam belajar. Ketika kita hanya terpaku pada contoh yang ada pada buku atau catatan dari guru/dosen, biasanya contoh soal yang diberikan masih tergolong sangat mudah. Tap ketika udah di ujian, bersiaplah kemungkinan tingkat kesulitan bertambah berkali-kali lipat. Mak dari itu, kawan bisa mencari contoh soal dan pembahasan dari manapun (bisa dri buku atau dari internet) tentang soal-soal pada bab itu. Ingat ya, sama pembahasannya juga. Karena jika tidak, kadang ada soal yang benar-benar tidak bisa kawan kerjakan meskipun sudah lihat caranya di buku. Makanya pembahasan soal bisa membantu kawan dalam memahami maksud doal.

8. Ajarkan
Ketika kita sudah menguasai atau mengetahui tentang suatu materi pelajaran, alangkah baiknya kita ajarkan juga pada yang masih belum paham. Karena dengan mengajarkan ini kita bisa sambil mengulang pelajaran yang kita pelajari.

Itu tadi tips yang bisa abang bagikan ke kawan semua. Yang terpenting, niatkanlah belajar ini sebagai ibadah, agar apa yang kita pelajari tdak sia-sia.

-Terima kasih-

JKalau mau tau tips lainnya bisa lihat-lihat di blog abang. Mau tau tips aman mengendarai motor? Buka saja artikel abang tentang Tips Mengendarai Sepeda Motor. Atau butuh inspirasi menulis? Bisa cek ke artikel Tips Mencari Inspirasi Menulis. Atau susah bangun pagi? Bisa cek artikel Cara bangun pagi shubuh :D
Tag : All, Tips
0 Komentar untuk "Tips Belajar Efektif"

Back To Top