Tips Mengendarai Sepeda Motor

Abang Fay - Sepeda motor saat ini sudah menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Hampir setiap rumah memiliki sepeda motor, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu sepeda motor, atau setiap anggota keluarga memiliki sepeda motornya sendiri (bahkan anak kecil masih ingusan aja udah dibeliin.. ck ck ck) Jika ditinjau, harga sepeda motor kian lama kian menurun, terutama model-model lama. Sehingga banyak orang yang kini mampu membeli sepeda motor, tidak harus yang baru.


Bagi orang yang memiliki kelebihan duit, banyaknya sepeda motor keluaran baru yang dipasarkan membuat lapar mata dan harus membelinya. Maka dari itu banyak juga motor-motor bekas yang kemudian dijula dengan harga  yang relatif terjangkau. Biasa kita lihat di jalan-jalan perkotaan kini sudah seperti lautan kendaraan bermotor, terutama sepeda motor, yang jumlahnya membludak. Membludaknya pengendara sepeda motor ini menyebabkan timbulnya kemacetan-kemacetan parah di kota. Sehingga banyak akhirnya pengendara yang melanggar etika dalam berkendara.

Saya punya cerita selama saya berkuliah di IPB ini, saya merasa harga klakson itu sangat murah. Maksudnya orang-orang di sini banyak sekali yang ngebut seenaknya, melewati marka jalan yang ada di tengah, padahal dari arah berlawanan ada kendaraan ain yang melintas. Sehingga sering terdengar klakson dimana-mana. Tentu hal ini membahayakan seluruh pengguna jalan. Abang aja takut kalau mau nyeberang. 

Selain di kota, di desa pun hampir serupa. Keadaan jalan desa yang relatif sepi memicu pengendara untuk meningkatkan kecepatan. Sehingga kadang tidak memperhatikan keadaan jalan. Di kampung abang di Kulonprogo, Yogyakarta, kadang abang merasa risih kalau liat anak-anak kecil udah bawa motor ngebut-ngebut, terus ada yang sambil ngobrol ketawa-ketawa dengan temannya berjalan berdampingan sehingga menutupi jalan. Padahal, orang yang boleh mengendarai motor itu harusnya yang sudah memiliki SIM (Tapi abang dulu sebelum punya SIM juga udah naik kok ya.. Haha.. Khilaf yang disengaja)

Nah, kali ini abang ingin berbagi tips tentang bagaimana berkendara sepeda motor dengan aman. Jangan sampai mengalami hal yang tidak diinginkan di jalan, seperti yang pernah abang alami:


1. Pastikan motor siap untuk dikendarai
Yak, pertama, sebelum berkendara, apalagi jarak yang jauh, pastikan dahulu motor apakah sudah siap. Cek baut apakah sudah terpasang dengan mantap. Cek ban, apakah sudah keras atau tidak kempes lagi. Karena ban yang lunak membuat tarikan motor agak berat dan agak sulit dikendalikan terutama ketika berbelok. Cek bensin apakah cuku. Jangan sampai kawan ketika berada di tengah jalan kehabisan bensin. Apalagi kalau kawan berada di tempat yang jauh dari pemukiman, warung, dan POM bensin kayak di tengah hutan. Gak mungkin kan motor kita diisi getah pohon.

2. Berdoa
Sebelum berkendara, atau kemana saja, jangan lupakan berdoa. Seperti yang pernah abang tuliskan di artikel abang yang berjudul Tips Bangun Pagi Shubuh ini, telah dikatakan bahwa berdoa memiliki peranan penting. Jika kita ingin selamat, mntalah pada Allah ntuk diridhoi perjalanan kita. Kalau Allah ga ridho, kita gak akan sampai dengan selamat. Untuk itu, usahakan selalu berdoa.

3. Jangan bermain HP
Yak, ini dia, meski sudah ada larangan dari pemerintah untuk tidak menggunakan telepon genggam saat berkendara, tapi masih ada saja yang melanggar. Padahal itu sangat berbahaya. Jujur, abang gemes banget liat orang main HP saat naik motor. Rasanya pengen abang deketin motornya, terus abang klaksonin yang kenceng biar kaget dan HPnya jatuh,, Huehehehey...

4. Jangan melamun
Ini juga perlu diperhatkan. Ketika mengendarai motor usahakan jangan melamun. Karena tanpa sadar ketika kita melamun motor kita tidak kita kendalikan secarasadar, tiba-tiba saja mengarah ke tengah-tengah. Jika ada motor atau kendaraan lain di belakangnya tentu akan sangat membahayakan. Apalagi kalau ada Truk tronton. Kelar hidup lo...

5. Jangan mengantuk dan tidur
Usahakan sebelum berkendara pastikan terlebih dahulu kondisi tubuh. Jangan ketika kita masih mengantuk kita paksakan untuk berkendara jauh. Misalnya kita kesiangan bangundan hampir telat ke kampus atau kantor. Untuk itu bangunlah pagi-pagi, kalau sulit, tipsnya ada di postingan abang yang INI. Pengalaman abang mengantuk di jalan karena jalanannya panjang dan sepi sehingga bikin abang ngantuk. Rasanya abang seperti tidur kira-kira selama 5 detik, lalu tiba-tiba bangun gara-gara motor mulai agak oleng. Tentu itu sangat membahayakan. Maka dari itu agar tidak mengantuk, usahakan selalu berdzikir. Mengingat Allah, InsyaAllah perjalanan kawan diridhai dan selamat. Kalau abang biasanya sambil Muraja'ah hafalan Qur'an, jadinya gak gampang ngantuk.

6. Mengalah saja
Iya, ketika berada di jalan jangan mudah terbakar emosi. Mengalah saja kala ada yang tiba-tiba ngebut dan menyalip gak karuan. Ketika kawan akan menyalip sebuah bus atau truk yang kira-kira kawan mash ragu, lebih baik juga mengalah saja. Kalau ada yang naik motor ugal-ugalan, lebih baik mengalah saja. Anggap semua yang berkendara itu mereka tidak bisa dan tidak pandai berkendara. Sehingga kawan harus lebih berhati-hati agar tidak celaka gara-gara terbakar emosi.

7. Santai saja
Iya santai aja, Selaww.. Ngapain ngebut-ngebut kalau akhirnya juga sampai, ya kan?

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa abang bagika pada kawan semua. Tentu masih banyak tips lain yang mungkin kawan lebih mengetahuinya. Kalau ada tambahan, Monggo ditulis di komentar...

-Terima Kasih-

Kalau kawan susah bangun pagi, mungkin tips abang ini bisa membantu: Cara bangun Pagi Shubuh
Artikel lainnya bisa dilihat di bawah ini yaa, di samping kanan juga ada --->>> 


Tag : All, Tips
0 Komentar untuk "Tips Mengendarai Sepeda Motor"

Back To Top