Cara Bangun Pagi Shubuh

Abang Fay – Banyak orang yang merasakan mereka sulit untuk bangun di pagi hari. Terutama di waktu shubuh, ketika adzan berkumandang. Padahal bangun pagi memiliki manfaat tersendiri bagi kita, terutama ketika pagi udara masih segar. Udara yang kita hirup belum banyak tercampur dengan polutan, tidak seperti di sang hari. Udara pagi merupakan udara yang paling bersih. Tentu akan membuat kita menjadi lebih sehat.



Manfaat lain, jika kita bangun lebih awal, paling tidak ketika shubuh, kita bisa mendirikan shalat berjamaah di masjid bagi yang muslim. Sehingga pahala yang didapat akan berkali-kali lipat lebih banyak, bayangkan saja, 27 (dua puluh tujuh) kali lipat dibandingkan pahala shalat sendiri. Apalagi ini shalatnya di masjid, di rumah Allah. Tentu langkah kita menuju masjid akan dihitung pahala pulah oleh Allah SWT. Terutama bagi yang cowok nih ya, karena pria diwajibkan untuk shalat berjamaah di masjid loohh.. Hayooo....

Selain itu, bagi para wanita/istri, jika bangun di waktu pagi-pagi mereka bisa menyiapkan makan bagi keluarganya tanpa terburu-buru. Udara pagi yang masih fres membuat diri masih bersemangat untuk beraktivitas. Coba bayangkan saja jika bangun kesiangan, suami dan anak-anak sudah mau berangkat kerja dan sekolah, tapi belum ada apa-apa yang bisa dimakan. Sontak sang istri langsung bergegas ke dapur (Sholatnya kapan??), lalu beraksi layaknya kung fu chef. Tangan motong ayam, kaki nguleg bumbu, lidah ngaduk teh dan susu, hidung ngidupin kompor. Betapa ribetnya kan. Makanya ayo ibu-ibu, bangun pagi biar selalu disayang suami (Kapan abang punya istri ya, biar ada yang disayang T_T – Selain ortu)

Masih banyak lagi deh manfaat lainnya kalau kawan bisa bangun pagi. Jujur kalau abang sendiri Alhamdulillah selalu bangun pagi paling siang saat adzan Shubuh. Biasanya sekitar jam 3 sampai setengah 4. Alhamdulillah..

Nah, untuk itu, kali ini abang Fay akan berbagi tips bagaimana kawan bisa memulai untuk bangun pagi, terutama bagi yang sulit dan tidak pernah bisa bangun pagi.

1.       1. Berwudhu sebelum tidur
Untuk yang muslim hal ini jangan sampai dilewatkan karena Nabi Muhammad pun juga menyarankannya. Ketika kita sudah berwudhu sebelum tidur, insyaAllah tidur kita akan nyaman. Cobalah biasakan ini setiap hari, pasti lama kelamaan kamu akan merasakan ada sesuatu yang kurang ketika kamu tidak berwudhu sebelum tidur dan merasa tidak enak.

2.       2. Berdoa sebelum tidur
Iyap, ini sudah tidak asing lagi. Berdoa sebelum tidur sudah menjadi anjuran di tiap-tiap agama, lalu kenapa tidak dilakukan? Berdoalah kawan sebelum tidur karena kawan bisa tidur itu karena kehendak Allah SWT. Jadi kalau kawan bisa bangun pagi itu juga kehendak Allah dong, maka mintalah sebelum tidur agar dapat bangun pagi-pagi sekali. Niatkan untuk beribadah ya, bukan minta bangun pagi biar sepi, internetan kenceng, bisa melakukan maksiat tanpa ada yang liat.. Allah liat looh...

3.       3. Banyak-banyak minum sebelum tidur
Ini salah satu cara efektif yang bisa membangunkan kita di tengah malam atau pagi-pagi sekali. Saya yakin ketika kawan sudah dewasa naluri untuk ngompolnya sudah berkurang dan tidak ada, tapi kawan akan terbangun ketika mulai terasa untuk buang air kecil. (Meskipun mungkin masih ada yang bisa ngompol, hihi..).

4.       4. Nyalakan alarm
Ini sudah lumrah di kalangan masyarakat yang ingin bangun pagi. Selalu pasang alarm. Abang sarankan jika menggunakan HP untuk alarm, ganti mode HP ke mode pesawat terlebih dahulu, untuk mengurangi radiasi sinyal elektromagnetik yang dipancarkan HP ketika mencari sinyal. Kalau bisa pilih nada alarm yang keras dan mengganggu. Kalau bisa sih alarmnya banyak, hehe..
Tapi abang ada cerita ketika abang di asrama di Kampus, teman abang pasang alarm lagu Hardcore yang liriknya super gajelas itu dank eras banget. Padahal HP-nya ditaruh di sebelah telinganya, tapi dia tetap ga bisa bangun. Ya ampuunn nih anak..
Kalau pengalaman abang sendiri, awal-awalnya abang pakai alarm untuk membangunkan, namun karena terbiasa bangun pagi, lama-kelamaan abang bisa bangun sendiri sebelum alarm berbunyi. Anehnya sering kal dan hamper pasti abang bangun satu menit sebelum alarm yang abang nyalakan berbunyi, Hahaha..

5.       5. Mintalah bantuan
Yap, ketika metode di atas masih belum manjur untuk membangunkan kawan di pagi hari, cobalah minta bantuan teman atau orang tua atau siapapun yang ada di sekitar kawan yang biasa bangun pagi. InsyaAllah ketika kawan terbiasa dibangunkan di pagi hari di saat yang sama, kawan bisa bangun sendiri secara otomatis. Kalau kawan ngekos, bisa minta bantuan ibu kos buat menggedor atau mendobrak pintu kamar kok, hehe. Kalau kawan ga ada yang bisa dipercaya untuk membangunan pagi, ya usaha sendiri yaahh..

Nah, itu tadi tips yang bisa abang berikan ketika kawan memulai bangun pagi. Tapi juga perlu diingat, di pagi hari itu banyak sekali Setan yang berusaha menghalangi kita untuk bangun. Maka dari itu, biasakan diri kawan untuk melawan setan-setan itu sekuat tenaga sampai titik darah penghabisan.

-Terima kasih-
Tag : All, Tips
0 Komentar untuk "Cara Bangun Pagi Shubuh"

Back To Top