Tips Sebelum Menghadapi Ujian

Abang Fay - Mendengar kata Ujian (UAS/UTS) di kalangan pelajar baik itu mahasiswa atau siswa pasti memiliki kesan emosional tersendiri bagi tiap-tiap orang. Ada yang gembira, sedih, girang, terhari, sampai salto-salto ga jelas. Kondisi emotional sebelum menghadapi ujia yang berbeda-beda ini tentu dipengaruhi pula dengan kesiapan masing-masing individu (Formal banget ngmongnya)

Mengenai faktor kesiapan, pasti tidak semua orang siap menghadapi ujian, kan (Apalagi ujian kehdupan T_T) Pasti ada anak yang belajar sungguh-sungguh sehingga siap menghadapi pertempura, ada yang belajar tanggung-tanggung yang siap menghadapi ujian. Ada yang ga belajar jadi stres mikirin jawaban, yang lebih parah dia gak belajar, tapi siap menghadapi ujian dengan resiko tinggi dan seperti perang siasat asli dengan pengawas (Tau lah apa, not recommended)

Menilik dari kriteria tadi, kawan masuk kritera mana hayoo?? Atau ada kriteria lain? Haha
Ya, kalau abang sih jujur yang kedua, masih nanggung-nanggung, Hehe..

Ketika abang nulis ini, adalah waktu seminggu sebelum abang ada ujian (UAS - Ujian Agak Serius) di kampus tercinta IPB :*



Maka, kali ini abang akan sharing mengenai tips menjelang pertempuran di medan perang (baca: Ujian).

1. Jangan galau
Kalau kamu punya pacar yang mau ujian, plis jangan bikin dia galau, karena akan membagi-bagi pikirannya. Jika kamu punya pacar bilang ke pacarmu jangan bikin galau karena kamu mau ujian. Tapi kalau tiba-tiba pacarmu bilang, "Jadi kamu lebih mentingin ujian daripada aquwh????!", Kelar ujian lo..

Pikiran yang terbagi ketika masa-masa ujian dapat mengganggu konsentrasi belajar dan berpikir. Terlebih lagi ketika masalah kegalauan kalian dibawa ke ruang ujian
"Sebutkan faktor kesalahan yang dapat mempengaruhi hasil percobaan termodinamika?"
jawab:
"Iya aku emang banyak salah, mungkin aku gak sempurna di mata kamu, tapi cintaku padamu tak kan lekang oleh waktu, oh termodinamika... Maafkan aku :'( "

2. Mengulang-ulang bagian yang sulit
Ini merupakan hal utama yang tidak boleh dilupakan, sekalipun kawan sudah pikun. Dengan mengulang-ulang bagian yang kawan anggap sulit dalam suatu mata pelajaran, InsyaAllah kawan terselamatkan dari penyakit pikun mendadak di medan pertempuran. 

3. Jangan SKS
Tau sendiri lah yang satu ini. Ga perlu dijelasin panjang lebar juga pasti paham, tapi pasti sulit ditinggalkan SKS ini di kalangan pelajar. Haha.
Tapi perlu di ingat, SKS ini menimbulkan efek samping yaitu ketergantungan. Karena mereka akan merasa belajar cukup SKS aja, jadi waktu main lebih lama.. No man..!! Sesuatu yang mudah ingat akan mudah lupa (Kecuali Allah emang menghendaki orang itu jenius). Jadi jangan anggap kita jenius dulu. Kelemahan dari sistem SKS ini adalah sebagian besar materi yang kita hafal dalam waktu singkat akan hilang terutama setelah ujian. Yang lebih menakutkan jika kita tiba-tiba mengalami pikun mendadak di medan pertempuran. Kelar ujian lo..

4. Minta bantuan
Jangan gengsi minta bantuan teman, dosen/guru, pembantu, tukang ojek, tukang cukur, ibu kos, ibu kantin, dan bahkan makhluk yang bernama Mantan ketika kamu menemukan kesulitan dalam belajar maupun mengerjakan soal. Tapiperlu diingat!!! Minta bantuannya ketika sebelum ujian ata sedang belajar, Bukan ketika ujian berlangsung

5. Berdoa
Kalau yang satu ini juga pasti sudah jelas. Suatu usaha tanpa doa tentu akan sia sia. Berarti kita melupakan siapa pemilik ilmu yang kita pelajari, Allah SWT. Misalnya nih, kalau kamu ingin dapat sesuatu dari orang, Kalau kawan ga minta ga akan dikasih. Nah, berdoalah agal Allah meridhoi apa yang kita pelajari, kalau ga ridho kan sia-sia. 
Udah capek-capek minta ke orang, tapi orang itu gak ridho, ya kamu ga akan dikasih

6. Minta doa restu Orang Tua
Jangan remehkan doa orang tua, apalagi ibu. Inilah doa paling mustajab. Ingan ingat lah Ridho Allah adalah ridho orang tua. Buat anak rantau kayak abang gini kerasa banget bagaimana jasa-jasa orang tua. Kalau kawan jauh dari orang tua, TELPON ORANG TUAMU SEKARANG...

Nah, itu tadi beberapa tips yang dapat kawan semua terapkan sebelum ujian berlangsung. Tips ini tidak termasuk belajar harian, karena itu sudah harus melekat di hati kawan sekalian. Yang terpenting adalah Niat dari kawan ketika akan ujian. Niatkan semua karena Allah SWT, Insya Allah Allah akan memberi kemudahan dan keberkahan ilmu yang kawan pelajari

-Terima Kasih-

Jangan lupa baca juga artikel lainnya, ketika teman butuh inspirasi menulis, ini ada tipsnya


Tag : All, Tips
0 Komentar untuk "Tips Sebelum Menghadapi Ujian"

Back To Top