Cara Download Lagu dari Soundcloud dengan Ponsel Android

Abang Fay - Siapa yang tak kenal soundcloud. Ya meskipun pasti ada yang tidak tau apa itu soundcloud. Soundcloud adalah salah satu situs tempat kita upload dan share musik. Sistemnya seperti YouTube yang menyediakan fasilitas sharing dan upload video, hanya saja bedanya kalau soundcloud file yang dibagikan berupa musik atau lagu atau file audio lainnya


Biasanya orang meng-upload lagu yang ia nyanyikan sendiri di soundcloud. Ya seperti berbagi musik yang kita nyanyikan sih. Atau lebih gampangnya kalau di Facebook itu "status", kalau di twitter itu "twit", nah kalo lewat soundcloud status-nya pake lagu, bisa nyanyi sendiri atau lagu dari band-band sekarang yang anda suka (susah banget ya njelasinnya). Bahkan selain lagu-lagu yang diupload di soundcloud, ada juga yang upload berupa curhatan-curhatan galau, atau apalah itu, adaa... (Tapi bukan abang kok, Hehe...)



Soundcloud juga menyedikan aplikasi berbasis android dan iOS untuk memudahkan pengguna mengakses akun soundcloud mereka, dan mengupload file-file audio pengguna langsung dari ponsel mereka. Sehingga pengguna tidak perlu lagi membuka dan upload audio ke soundcloud melalui PC yang dianggap ribet. Tapi sekedar tips, jika mau upload di soundcloud kalau bisa sih diedit dulu dikit biar agak enak gitu suaranya (Kalau suara gak enak mungkin emang dari sononya sih hehe..)

Nah, biasanya orang upload di soundcloud bisa diatur, apakah bisa didownload atau tidak. Kebanyakan sih Tidak. kalau yang bisa, cuma bisa lewat PC downloadnya, kalau pake aplikasi Android dari playstore tidak bisa. Karena orang biasanya buka soundcloud sambil buat nyari lagu yang disuka, kalau dapat dan mau download, nih saya beri caranya.

1. Buka aplikasi Souncloud
Kalau kawan belum punya, kawan bisa download terlebih dahulu di PlayStore (Android) dengan keyword Soundcloud. Atau lebih mudahnya kawan bisa Klik di sini untuk download soundcloud langsung dari Playstore


2. Cari lagu yang ingin di-download
Kalau langkah yang ini mah pasti kawan sudah tau caranya. Abang sarankan kalau ingin download lagu yang bagus biasanya yang jumlah Play (putar) nya paling banyak, karena banyak yang mendengarkan dan pastinya enak didengar



3. Kalau sudah, dengarkan sampai selesai
Proses ini sama juga halnya dengan men-download audio tersebut. Audio yang diputar akan otomatis masuk ke perangkat Android kawan dan tersimpan sebagai file. Sehingga kawan bisa memutar lagu yang sama untuk kedua kali dan seterusnya tanpa harus buffering lagi. Oh iya, kalau lagu yang anda putar bufferingnya lama, berarti kneksi internet anda Lambat.. Hehehe..

Nah jika sudah mengikuti langkah di atas, sekarang kita keluar dari aplikasi soundcloud dan menuju sisterm androidnya. Ikuti langkah berikut.



4. Setelah selesai, buka "File Manager" ponsel anda
Tujuannya mencari lokasi file yang tersimpan di ponsel kawan.



5. Cari folder [Android] >> [data] >> [com.soundcloud.android] >> [files] >> [stream] >> [Complete]
Nah itulah folder di mana file audio yang sudah pernah kawan putar dari soundcloud disimpan. Sehingga ketika mendengarkan kembali di aplikasi soundcloudnya tidak perlu loading internet.



6. Nah, di folder [complete] itu nanti ada beberapa file dengan nama gabungan angka dan huruf (4L4y). 
File-file itulah semua lagu yang pernah kawan putar. Namun, kita tidak bisa langsung membuka file, karena file-file itu tidak memiliki format/ekstensi.




7. Langkah terakhir, rename file tadi dengan diberi tambahan ekstensi *.mp3 agar file tersebut menjadi file MP3.



Nah seperti itu langkah-langkahnya. Soundcloud sendiri bisa jadi alternatif bagi kawan untuk download lagu-lagu yang kawan suka. Abang juga sering kok download file audio dari soundcloud ini. Bahkan abang juga punya akunnya loh. Hehe. Tapi gak akan abang share di sini, Hihi,, malu suaranya gak karuan. 

*(Maaf tanpa screenshot karena hp agan baru diinstal ulang/flash, jadi belum sempat download lagi)

-Terima Kasih-

Jangan lupa baca juga tips-tips lainya, kalau kamu mau tau tips sebelum menghadapi ujian, bisa klik di sini loh, ada Tips Sebelum Menghadapi Ujian. 
Tag : All, Trik
3 Komentar untuk "Cara Download Lagu dari Soundcloud dengan Ponsel Android"

5. Cari folder [Android] >> [data] >> [com.soundcloud.android] >> [files] >> [stream] >> [Complete]

my case: di dalam [files]>> tidak ada stream.
yg ada hanya skippy dan offline yg isinya tdk seperti anda sebutkan di atas. bagaimana ya...?

Dalam data [stream] ga ada [complete], jd harus gimana?

forum komunikasi kfilafah http://transparan.org/

Back To Top